WHAT'S NEW?
Loading...

ROUTING DI JARINGAN


A. PENDAHULUAN
    taukah kalian apa itu routing ?? ya routing merupakan sebuah penjaluran atau sebuah penentuan jalur yang di lakukan di jaringan. peroses routing biasanya terjadi atau di seting di dalam routher.  namun sekarang ada switch yang sudah suport untuk routing. yaitu switch yang sudah bisa beerja pada layer tiga.

B. LATAR BELAKANG
 agar kita tau lebih mendalam apa itu routing dan bagaimana perosesnya terjadi. karena percuma saja jika kita hanya bermain konfigurasi . tanpa kita mengetahui fungsi dan cara kerjanya.

C. TUJUAN
     membuat jalur dan menentukan jalur mana saja yang akan kita gunakan untuk kita membangun sebuah jaringan. biasanya jika sudah di terapkannya ruting berarti sudah di bangun lebih dari satu sekmen di dalam jaringan tersebut.

D. ULASAN MATERI
     1.Memilih Jalan
   Setiap router membuat tabel routing yang berisi semua jaringan lokal dan jaringan jarak jauh dan antarmuka yang terhubung dengannya.
    Router menggunakan tabel routing dan paket forward ke jaringan yang terhubung langsung yang berisi host tujuan sebenarnya, atau ke router lain di jalan untuk mencapai host tujuan.
   beda halnya dengan switch yang membrodcash ketika pertama kali mengirimkan paket  yang bertujuan untuk memdapatkan MAC address dari host yang aktif dan tersambung dengan dirinya . dan kemudian memasukanya ke tabel ARP . routher akan bekerja tidak menggunakan broudcash. karena routher tidak suport dengan broudcash.  cara kerja dari routher adalah dengan cara mengirimkan paket yang datang  langsung ke sekmen yang di tuju oleh paket. routher akan mengirimkan paket tersebut ke dalam sekmen jika di tabel ruting yang berada dalam routher ada . jika tidak ada maka routher tidak akan memberoudcah seperti switch. manum membuang ,memblok, atau bahkan menghilangkan paket tersebut

     2.Membangun Tabel
Router membangun tabel routing mereka dengan terlebih dahulu menambahkan jaringan lokal mereka terhubung, dan kemudian belajar tentang jaringan lain yang menggunakan protokol routing dan static route.jaidi tida seperti switch yang dalam pengisian tabel MAC addressnya  harus membroudcash dlu ke seluruh pot yang aktif di tubuhnya.

    3.Mengirim ke Jaringan Jarak Jauh

     coba lihatlah gambar di atas berikut merupakan gambaran tentang routing ketika kita mengirimkan paket ke jaringan jarak juuh
      Jika H1 mengirim sebuah paket ke H7, router akan memeriksa tabel routing-nya dan menentukan bahwa untuk mencapai jaringan 172.16.1.0/24, ia harus meneruskan paket dari antarmuka Fa0 / 1-nya.
      Karena jaringan keluar adalah jaringan Ethernet yang terhubung langsung, router mungkin juga harus menggunakan alamat IP ARP.

E. KESIMPULAN
     dari materi yang kita bahas di atas bisa di simpulkan bahwa routing merupakan penentuan jalur. jika sebuah routing tidak di terapkan atau tidak berhasil maka kita tidak akan bisa berkomunikasi dengan jaringa yang sudah beda sekmen atau netwok dengan kita. tabel routhing adalah sebuah sarana untuk routher menentukan jalan dari paket yang datang maupun keluar yang melewati routher. 

F. REFERENSI
  • slide cisco
  • materi training cisco
=====================
SEKIAN
SEMOGA BERMANFAAT
=====================
NB: untuk saran dan  kritikan masukan di kolom komentar ya :)

0 Comments:

Post a Comment