WHAT'S NEW?
Loading...

MENGENAL ALAMAT IPv6

A. PENDAHULUAN
     pada era sekarang IP sangat sering di gunakan. pada umumnya alamat IP yang sangat sering di gunakan pada saat ini adalah alamat IPv4. namun sekarang populasi dari alamat IPv4 sudah hampir habis. maka dari itu sekarang berkembang tehnologi yang bertujuan untuk memperawet IPv4. namu untuk menghindarinya sekarang di ciptakanlah IPv6 .

B. LATAR BELAKANG
    latar belakang di buatnya IPv6 yaitu karena IPv4 sekarang hampir habis. maka dari itu di buatlah IPv6 yang memiliki IP sangat banyak dan hampir tak terhingga. jadi bisa di bilang  bahwa IPv6 di buat karena untuk mengatasi permasalahan IPV4 yang akan habis.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
   Tujuan utama di buatnya alamat IPv6 ini karena semakin kesini manusia akan semakin banyak dan maka dari itu pengguna internrtpun akan semakin meningkat. namun pada alamat IPv4 ruang internrt terbatas karena keterbatasan ruang IP pada IPv4  yang hanya 32 bit . lalu di buatlah IPv6 yang bertuan untuk memperluas ruang alamat ip di internet .

D. ULASAN MATERI
     IPv6  bi buat untuk memperluas ruang lingkup IP di internet. namun karena ketergantungan kepada alamat IPv4. maka penggantian alamat IPv6 dari alamat IPv4 tidak langsung di ganti secara langsung. namun di iringi dengan alamat IPv4. dengan cara itu maka perlahan alamat IPv4 akan di tinggalkan.

   pada alamat IPv6 ukurannya tentu lebih besar di bandingkan IPv4 .  ukuran IPv6 mencapai 128 bit atau 16 bayt. jika di bandingkan dengan alamat IPv4 yang hanya 32 bit atau 4 bayt.  maka bisa di simpulkan bahwa semakin besar ukuran alamat ip maka semakin besar juga kapasitas atau ruang dari IP terseubut.

  manfaat dan kelebihan dari alamat IPv6 tersebut di antaranya adalah tidak memerlukan NAT karena jumlahnya yang hampir tak terhingga. jadi tidak perlu lagi menggunakan NAT. lalu IPv6 juga memiliki kemampuan autoconfigurasion atau otomatis konfigurasi.

    alamat IPv4 semakin banyak yang erpakai maka dari itu semakin banyak juga yang mulai mengadopsi alamat IPv6. maka dari itu tingkat adopsi IPv6 akan semakin meningkat.

     Pemformatan Alamat IPv6

  • Mengompreskan Aturan Alamat IPv6
  • Menghapus angka 0 di depan
  • Menganti angka “ 0000 ” menjadi “ 0 “
  • Mengganti angka 0 berturut menjadi ::    



E. KESIMPULAN
     jadi IPv6 merupakan sebuah refolusi dari IPv4 . tujuan utama dari di buatnya IPv6 yaitu memperluas ruang IP di internet. karena IPv4 yang sekang hampir habis di buatlah sistem untuk memperawet IPv4 dengan cara di NAT ataupun DHCP. namun di perediksi IPv4 akan tetap habis. maka dari itu IPv6 mulai di adopsi dan di gunakan beriringan dengan IPv4.

F. REFERENSI
  • materi training cisco
  • slide materi pembelajaran cisco

0 Comments:

Post a Comment